Penerapan Media Pembelajaran Quizlet dalam Keterampilan Menulis Cerita Bergambar (Bild Schreiben) Bahasa Jerman pada Masa Pandemi Covid-19

Mannahali, Misnah and Azizah, Laelah and Hasmawati, Hasmawati (2021) Penerapan Media Pembelajaran Quizlet dalam Keterampilan Menulis Cerita Bergambar (Bild Schreiben) Bahasa Jerman pada Masa Pandemi Covid-19. In: Seminar Nasional LP2M UNM, Tahun 2021, Universitas Negeri Makassar.

[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
prosiding penerapan media pembelajaran quizlet.pdf

Download (969kB)
[thumbnail of Peer reviewer] Text (Peer reviewer)
peer reviewer penerapan media pembelajaran quizlet.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Quizlet dalam keterampilan menulis cerita bergambar (bild erzählen) bahasa Jerman siswa SMA 14 Gowa. Quizlet adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Quizlet merupakan perangkat sederhana yang mudah digunakan dan dapat membantu siswa untuk belajar, khusunya dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Quizlet dapat diunduh melalui playstore atau appstore maupun diakses melalui https://quizlet.com/ secara gratis. Aplikasi Quizlet ini menjadi media yang interaktif dan inovatif bagi siswa, terasa menyenangkan karena siswa mudah menghafal materi dan mengetahui kesalahan ejaan yang umumnya terjadi dalam mempelajari bahasa asing. Selain itu, aplikasi ini memiliki banyak fitur-fitur yang sangat cocok digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Berkaitan dengan hal tersebut aplikasi ini selanjutnya diterapkan pada siswa SMA Negeri 14 Gowa dalam bentuk penelitian eksperimen dengan one group pre-test post-test group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 14 Gowa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes menulis cerita bergambar bahasa Jerman yang dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis cerita bergambar bahasa Jerman diperoleh nilai thitung 4,1 > ttabel 2,002 dan berdasarkan uji N-Gain diperoleh peningkatan sebesar 0,30 dan termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran Quizlet dalam pembelajaran menulis cerita bergambar bahasa Jerman, sehingga media tersebut dinyatakan berhasil atau efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita bergambar bahasa Jerman kelas X SMA Negeri 14 Gowa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Quizlet, Keterampilan Menulis, Cerita Bergambar, Bahasa Jerman
Subjects: P Language and Literature > PD Germanic languages
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Herling Herling
Date Deposited: 03 Nov 2022 12:22
Last Modified: 16 Feb 2023 04:49
URI: http://e-prints.unm.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item
View Item