Daramawan, Darmawan and Arnidah, Arnidah and Nurhikmah, Nurhikmah (2021) PENGEMBANGAN BUKU CERITA INSPIRATIF PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL 3S (SIPAKAINGE’, SIPAKALEBBI’, SIPAKATAU) UNTUK MAHASISWA JURUSAN TP FIP UNM. Jurnal of Education, Technology, Curriculum, Learning, and Communication, 1 (4). pp. 192-197. ISSN 2774-8405
![[thumbnail of 2021 - PENGEMBANGAN BUKU CERITA INSPIRATIF PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL 3S (SIPAKAINGE’, SIPAKALEBBI’, SIPAKATAU) UNTUK MAHASISWA JURUSAN TP FIP UNM.pdf]](http://e-prints.unm.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2021 - PENGEMBANGAN BUKU CERITA INSPIRATIF PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL 3S (SIPAKAINGE’, SIPAKALEBBI’, SIPAKATAU) UNTUK MAHASISWA JURUSAN TP FIP UNM.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Peer Review Jurnal - PENGEMBANGAN BUKU CERITA INSPIRATIF PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL 3S_rearranged.pdf]](http://e-prints.unm.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Peer Review Jurnal - PENGEMBANGAN BUKU CERITA INSPIRATIF PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL 3S_rearranged.pdf
Download (703kB)
Abstract
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai dalam pengembangan Buku Cerita Inspiratif Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal 3S, mendesain buku digital Cerita Inspiratif sebagai program penguatan pendidikan karakter berbasis budaya lokal 3S, menganalisis tingkat validitas dan kepraktisan buku Cerita Inspiratif sebagai program penguatan pendidikan karakter berbasis budaya lokal 3S (Sipakainge’, Sipakalebbi’, Sipakatau) untuk Mahasiswa Jurusan TP FIP UNM. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Hasil penilitian menunjukkan dari analisis kebutuhan dari nilai-nilai buku cerita inspiratif 3S penguatan pendidikan karakter untuk mahasiswa, menunjukan bahwa buku digital cerita inspiratif baik untuk dikembangkan sebagai pedoman materi pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di UNM. Dari hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa buku cerita yang dikembangkan sesuai kebutuhan mahasiswa. Buku Cerita Inspiratif Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal 3S Untuk Mahasiswa dikatakan valid dan praktis berdasarkan hasil validasi media/desain pembelajaran yang mendapat persentase dengan kualifikasi sangat baik dan dari hasil validasi isi/materi mendapatkan kualifikasi baik. Dikatakan praktis berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, rerata persentase buku digital cerita inspiratif berada pada kualifikasi sangat baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, buku digital, budaya lokal 3S (Sipakainge’, Sipakalebbi’, Sipakatau) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Muhammad Restu Susanto |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 08:13 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 00:33 |
URI: | http://e-prints.unm.ac.id/id/eprint/234 |