PENGARUH PERMAINAN MENCARI JEJAK (MAZE) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN

Kurnia, Rika and Nurialistiawati, Mutmainnah and Syamsuardi, Syamsuardi and Herman, Herman (2022) PENGARUH PERMAINAN MENCARI JEJAK (MAZE) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Kumara Cendekia, 10 (4). pp. 291-301. ISSN 2716-084x

[thumbnail of Artikel Jurnal Kumara Cendekia.pdf] Text
Artikel Jurnal Kumara Cendekia.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of Peer Review Pak Herman.pdf] Text
Peer Review Pak Herman.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permainan Maze merupakan sebuah permainan yang menuntut anak untuk mencari jejak
dari suatu hal yang dicari atau yang ditujukan oleh anak secara sederahana.Pencarian
jejak ini akan membantu anak untuk mengembangkan logika dan juga melatih kesabaran
serta konsentarasi untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Literasi anak usia dini
merupakan kemampuan untuk mengenali, memahami, menafsirkan, membuat dan
menghitung berbagai isi tulisan yang tergabung dalam berbagai variasi isi yang
menyiapkan anak untuk belajar dan mengembangkan pengetahuan dan mampu
beradaptasi dilingkungannya. Anak usia dini mulai sensitif atau mengalami masa peka
untuk menerima berbagai upaya pengembangan seluruh potensinya. Anak dapat
dipandang sebagai individu yang baru mulai mengenal dunia. Anak perlu dibimbing agar
mampu memahami berbagai hal tentang dunia dan isinya. Adapun cara yangdilakukan
dalam membantu anak mengembangkan kemampunya yaitu media pembelajaran. Media
sebagai salah satu kompenen dari pengajaran yang sangat berpengaruh terhadap peroses
pembelajaran, dengan adanya media yang mendukung dalam peroses pembelajaran, akan
mampu meningkatkan kualitas hasil belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
Pengaruh Permainan Mencari Jejak (Maze) Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-
6 Tahun. Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi-Experimental Design
penelitian dapat digunakan untuk analisis penelitian. Purposive sampling digunakan
dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, kelompok eksperimen terdiri dari enam anak,
sedangkan kelompok kontrol terdiri dari enam anak. Pengumpulan data dilakukan dengan metode statistik deskriptif dan non parametrik. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa anak-anak pada kelompok eksperimen memiliki kemampuan literasi yang lebih baik daripada anak-anakpada kelompok kontrol, dapat disimpulkan permainan mencari jejak (maze) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Permainan mencari jejak (maze); kemampuan literasi; anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Restu Susanto
Date Deposited: 12 Jun 2023 05:26
Last Modified: 12 Jun 2023 05:26
URI: http://e-prints.unm.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item
View Item