Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Kartu Huruf Bergambar di TK Islam Terpadu Al Khair Barabai

Mahdalina, Mahdalina and Herman, Herman and Praningrum, Widya (2021) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Kartu Huruf Bergambar di TK Islam Terpadu Al Khair Barabai. JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN, 2 (2). pp. 217-226. ISSN 2252-7559

[thumbnail of Jurnal Profesi Kependidikan.pdf] Text
Jurnal Profesi Kependidikan.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Peer Review Pak Herman_003.pdf] Text
Peer Review Pak Herman_003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar anak pada kemampuan kemampuan mengenal huruf melalui kartu huruf bergambar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tes analisis kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B berjumlah 25 anak. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus, dengan tahapan-tahapan kegiatan yang meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Sebelum dilakukan tindakan pada Prasiklus 8% mendapat bintang 1 atau belum berkembang (BB), 60% mendapat bintang 2 atau mulai berkembang (MB), 28% mendapat bintang 3 atau berkembang sesuai harapan (BSH) dan 4% mendapat bintang 4 atau berkembang sangat baik (BSB). Pada Siklus I, 0% BB, 48% MB, 4% BSH, dan 12% BSB. Pada Siklus II, 0% BB, 8% MB, 72% BSH, dan 20% BSB. Dengan demikian, penggunaan kartu huruf media bergambar dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak di TK Islam Terpadu Al Khair Barabai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mengenal Huruf, Kartu Huruf, Media Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Restu Susanto
Date Deposited: 12 Jun 2023 05:26
Last Modified: 12 Jun 2023 05:26
URI: http://e-prints.unm.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item
View Item