Heriana, Heriana and Herman, Herman and Zainuddin, Isnawati (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELOMPOK B TK RUNIAH SCHOOL MAKASSAR. Profesi Kependidikan, 2 (1). pp. 9-20. ISSN 2252-7559
![[thumbnail of Jurnal Profesi Kependidikan.pdf]](http://e-prints.unm.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Jurnal Profesi Kependidikan.pdf
Download (473kB)
![[thumbnail of Peer Review Pak Herman_007.pdf]](http://e-prints.unm.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Peer Review Pak Herman_007.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok B TK Runiah School dengan metode pendekatan saintifik. subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK Runiah School pada semester I 2021/2022 yang berjumlah 8 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi. hasil observasi menunjukkan kemampuan berbahasa anak di TK Runiah School rendah, Penelitian ini dilaksanakan dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Analisis data menunjukkan kemampuan bahasa ekspresif anak sebesar 62 % pada siklus I dan 85 % pada siklus II. Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, kemampuan bahasa ekspresif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Muhammad Restu Susanto |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 05:27 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 05:27 |
URI: | http://e-prints.unm.ac.id/id/eprint/264 |