MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELOMPOK B TK RUNIAH SCHOOL MAKASSAR

Heriana, Heriana and Herman, Herman and Zainuddin, Isnawati (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELOMPOK B TK RUNIAH SCHOOL MAKASSAR. Profesi Kependidikan, 2 (1). pp. 9-20. ISSN 2252-7559

[thumbnail of Jurnal Profesi Kependidikan.pdf] Text
Jurnal Profesi Kependidikan.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of Peer Review Pak Herman_007.pdf] Text
Peer Review Pak Herman_007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok B TK Runiah School dengan metode pendekatan saintifik. subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK Runiah School pada semester I 2021/2022 yang berjumlah 8 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi. hasil observasi menunjukkan kemampuan berbahasa anak di TK Runiah School rendah, Penelitian ini dilaksanakan dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Analisis data menunjukkan kemampuan bahasa ekspresif anak sebesar 62 % pada siklus I dan 85 % pada siklus II. Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, kemampuan bahasa ekspresif
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Restu Susanto
Date Deposited: 12 Jun 2023 05:27
Last Modified: 12 Jun 2023 05:27
URI: http://e-prints.unm.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item
View Item