Hasriani, Hasriani (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DENGAN APLIKASI MOODLE. Manifestasi: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (1): 4. pp. 35-43. ISSN 2809-8366,
![[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DENGAN APLIKASI MOODLE]](http://e-prints.unm.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DENGAN APLIKASI MOODLE.pdf
Download (380kB)
![[thumbnail of Turnitin]](http://e-prints.unm.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. Turnitin PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DENGAN APLIKASI MOODLE.pdf.pdf
Download (446kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran berbasis e-Learning dengan aplikasi Moodle pada mata kuliah pengembangan keterampilan menulis. Penelitian ini, adalah Research and Development (R&D) diuji dengan menggunakan desain pengembangan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di Universitas Negeri Makassar. Subjek uji coba adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengsi angket validasi ahli dan tes keterampilan menulis. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Media pembelajaran yang dikembangkan telah layak digunakan dalam mata kuliah pengembangan keterampilan menulis karena kriteria kelayakan telah terpenuhi, yaitu nilai rata-rata kelayakan hasil penialian ahli materi pembelajaran dan desain media pembelajaran berada pada kategori sangat layak dan ahli desain media pembelajaran berada pada sangat layak, dan (2) Media pembelajaran yang dikembangkan telah efektif digunakan dalam mata kuliah pengembangan keterampilan menulis karena karena kriteria keefektifan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Miranti Bahar |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 01:09 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 01:09 |
URI: | http://e-prints.unm.ac.id/id/eprint/313 |