The Impact of Computer-based Test and Students’ Ability in Computer Self - Efficacy on Mathematics Learning Outcomes

Nurhikmah, H and Farida, Febriati and Ervianti, Ervianti (2021) The Impact of Computer-based Test and Students’ Ability in Computer Self - Efficacy on Mathematics Learning Outcomes. Journal of Education Technology, 5 (4). ISSN P-ISSN: 2549-4856 E-ISSN : 2549-8290

[thumbnail of The Impact of Computer-based Test and Students’ Ability in.pdf] Text
The Impact of Computer-based Test and Students’ Ability in.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of pereview the impact of computer based.pdf] Text
pereview the impact of computer based.pdf

Download (884kB)
[thumbnail of turnitin The Impact of Computer-based Test and Students’ Ability in.pdf.pdf] Text
turnitin The Impact of Computer-based Test and Students’ Ability in.pdf.pdf

Download (431kB)

Abstract

Era digitalisasi saat ini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan,
penggunaan teknologi dan informasai dalam dunia pendidikan tidak hanya untuk
pembelajaran tapi sebagai alat evaluasi. Perkembangan ini menimbulkan
permasalahan yang membutuhkan penyelesaian pemikiran tingkat tinggi oleh
karena itu peserta didik perlu mempersiapkan kemampuan dalam berfikir dan
mampu mengembangkan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk ntuk
menganalisis Self efficacy Kemampuan Komputer terhadap hasil belajar siswa
dan interaksi pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian ini pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian eksperiman. Model penelitian eksperimen
yang digunakan mengacu pada Quasi Eksperimen Design. Sampel penelitian
secara keseluruhan 64 siswa. CBT digunakan dalam evaluasi mata pelajaran
matematika dan digunakan angket untuk mengetahui tingkat self efficacy
kemampuan komputer terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Matematika. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan ANOVA
dua arah (two-way ANOVA) dengan menggunakan program software SPSS versi
25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh CBT mata
pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa dengan rerata nilai 85 dan
rerata nilai 80 dan terdapat pengaruh self efficacy kemampuan komputer siswa
dengan kriteria nilai 3.03 sangat berpengaruh dan kriteria nilai 2.78
berpengaruh. Interaksi Antara CBT dengan self efficacy kemampuan komputer
memiliki korelasi sangat sempurna dengan hubungan positif. Hal ini berarti
dapat di nyatakan bahwa terdapat pengaruh CBT dan self efficacy kemampuan
komputer dan memiliki interaksi Antara computer-based test dan self efficacy
terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CBT, Self Efficacy, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Restu Susanto
Date Deposited: 30 Jun 2023 15:08
Last Modified: 30 Jun 2023 15:08
URI: http://e-prints.unm.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item
View Item