Implementasi model problem based learning berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah atas

Torro, Supriadi (2021) Implementasi model problem based learning berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah atas. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7 (2): 2. pp. 197-202. ISSN 2477-8524

[thumbnail of Peer Reviewer SUPRIADI TORRO] Text (Peer Reviewer SUPRIADI TORRO)
IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH AT.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal Ilmiah] Text (Jurnal Ilmiah)
04-21-Implementasi model problem based learning berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah atas.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of Hasil Turnitin] Text (Hasil Turnitin)
Implementasi model problem based learning berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah atas.pdf

Download (711kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi model problem based learning yang berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan morivasi belajar siswa. Jenis penelitian adalah research and development atau R&D, yang merujuk pada pengembangan model pembelajaran Plomp. Kegiatan penelitian
dilakukan pada tiap-tiap fase pengembangan dengan menggunakan(a) lembar penilaian model dan penilaian kelayakan penerapannya, (b) lembar observasi, (c) angket respons siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran, (d) angket respon guru, (e) lembar penilaian hasil belajar, dan (f) format validasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data dianalisis melalui kevalidan Model PBI-BBL. Hasil penelitian menemukan model PBL yang dikembangkan bersifat efektif untuk diterapkan
dalam pembelajaran. Hasil penilaian menunjukan pemahaman siswa sudah efektif, dan hasil belajar siswa juga sudah efektif dalam meningkatkan hasil belajar, dan aktivitas belajar siswa meningkat. Hasil pengamatan terhadap
keterlaksanan model dan pengelolaan dan pelaksanaan pembelajaran seperti; sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi (perilaku guru), aktivitas siswa, sistem pendukung, dan lingkungan belajar serta tugas-tugas pengelolaan seluruhnya
dapat dilaksanakan dengan kategori tinggi serta direspon baik oleh guru dan siswa. Hasil penilaian terhadap komponen-komponen seperti; teori pendukung, sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi (perilaku guru), sistem pendukung, dan lingkungan belajar serta tugas-tugas pengelolaan seluruhnya
berada pada kategori sangat valid.

Keyword: Problem based learning Kearifan lokal Motivasi

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: nurhasni nurhasni
Date Deposited: 06 Oct 2022 05:15
Last Modified: 07 Oct 2022 04:11
URI: http://e-prints.unm.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item
View Item